ADAT ISTIADAT DESA SABIYAN

Adat istiadat merujuk pada norma-norma, tradisi, dan tata cara yang diakui dan dijalankan oleh suatu masyarakat atau kelompok dalam kehidupan sehari-hari, ini mencakup nilai-nilai, norma sosial, serta tradisi yang turun menurun yang menjadi bagian integral dari kebudayaan suatu kelompok.

Salah satu adat istiadat dari desa Sabiyan sendiri yaitu diantaranya; Rokatan jembatan, rokatan tasek, dan burdahan.

Rokatan jembatan merupakan bentuk rasa syukur dengan cara berdoa keselamatan khususnya di jembatan desa Sabiyan tepatnya di dusun temor embong. Kegiatan ini dilaksanakan satu tahun sekali. Dalam kegiatan ini setiap warga mengumpulkan makanan seikhlasnya yang kemudian dibacakan yasin dan dilanjutkan  membaca doa bersama di masjid desa dan setelah selesai makanan tersebut di bagikan kepada masyarakat yang hadir. 

Untuk rokatan tasek sendiri sama dengan kegiatan rokatan jembatan, namun yang membedakan hanya tempat pelaksanaannya yaitu tepatnya di laut.

Kemudian untuk burdahan merupakan kegiatan rutinan satu minggu sekali yang diadakan pada minggu malam di musholla dusun barat embong dan untuk setiap awal bulan dilaksanakn di tengah laut.  

Burdah di Musholla

Burdah di Laut

Rokatan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages